Form EDS VERVAL NUPTK PADAMU NEGERI
UNTUK PTK
Setelah guru (PTK) menyerahkan formulir A01 kepada Admin sekolah, langkah
selanjutnya adalah Admin sekolah akan melakukan proses verifikasi dokumen A01
tersebut berdasarkan kelengkapan berkas yang diserahkan PTK bersama dengan
formulir A01 itu sendiri.
Proses VERVAL tersebut akan mengeluarkan dokumen VERVAL LV.1 yang harus
diserahkan oleh Admin sekolah kepada PTK. Didalam dokumen tersebut terdapat
kode aktivasi yang akan menjadi kode yang harus dimasukkan ketika PTK melakukan
aktifasi melalui situs PADAMU NEGERI.
Setelah PTK melakukan aktifasi, maka langkah berikutnya PTK akan mengikuti
rangkaian proses yang dimulai dengan mengentrikan data pada angket evaluasi
diri sekolah (EDS) dan dilanjutkan dengan pengisian data profil diri secara
online melalui situs PADAMU NEGERI.
Pengentrian data EDS harus dilakukan dengan mengisi seluruh pertanyaan yang
berjumlah 57 pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah seputar 7 dari 8
standar nasional pendidikan (SNP) yaitu :
1. Standar kompetensi
lulusan (G.1.5, G.1.6, G.1.7, G.1.8, G.1.9, G.1.10, G.1.11)
2. Standar isi (G.2.2,
G.2.5, G.2.6, G.2.7, G.2.9, G.2.10, G.2.11, G.2.12, G.2.13)
3. Standar proses (G.3.1,
G.3.2, G.3.3, G.3.4, G.3.10, G.3.13, G.3.15, G.3.17, G.3.18, G.3.19,
G.3.20, G.3.27, G.3.29)
4. Standar penilaian
(G.4.1, G.4.3, G.4.6, G.4.7, G.4.10, G.4.11, G.4.12, G.4.13, G.4.14, G.4.15,
G.4.16, G.4.20)
5. Standar PTK (G.5.10,
G.5.11)
6. Standar pengelolaan
(G.6.3, G.6.8, G.6.10, G.6.11, G.6.25, G.6.26, G.6.27, G.6.28)
7. Standar sarana dan
prasarana (G.7.15, G.7.16, G.7.17, G.7.18, G.7.20)
Untuk mempermudah PTK mengisi kuisioner secara online, PTK dapat membuat
dahulu opsi-opsi jawaban kuisionernya pada angket EDS yang dicetak di printer.
Terdapat 2 jenis angket EDS PADAMU NEGERI, yaitu :
1. Angket EDS untuk guru
(PTK). Dapat di download DISINI.
2. Angket EDS untuk
kepala sekolah. Dapat didownload DISINI.
ANGKET EDS PTK VERVAL LEVEL 2
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN
G.1.5
Permasalahan sikap dan perilaku peserta didik yang masih ditemukan adalah :
Permasalahan sikap dan perilaku peserta didik yang masih ditemukan adalah :
- mencontek
saat ujian
- tidak
mengerjakan tugas yang diberikan
- menyalin
tugas dari pekerjaan temannya
- bolos
tanpa alasan yang jelas dan dapat diterima
- malas
belajar
- terlibat
tawuran
- terlibat
narkoba
- sering
telat masuk sekolah
- tidak
menghormati guru dan orang lain
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Sikap dan perilaku yang dapat dibanggakan dari mayoritas peserta didik di
sekolah bapak/ibu adalah:
- giat
belajar dan rajin membaca
- membantu
teman/orang lain dan hormat pada guru
- disiplin
dan mematuhi tatatertib sekolah
- melaksanakan
ajaran agama yang dianutnya
- sportif
dalam bertindak
- berani
mengakui kesalahan
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Sikap dan perilaku jujur, santun, perduli, disiplin, percaya diri, dan
bertanggungjawab yang dapat diamati dalam perilaku siswa serta dapat dibuktikan
dengan dokumen penilaian sikap siswa adalah
- mentaati
aturan sekolah mulai dari kelas 1 sampai kelas 6
- tertib
dalam antrian
- santun
terhadap semua guru di sekolah
- berinteraksi
dengan orang lain dengan percaya diri
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Pengetahuan peserta didik di sekolah bapak/ibu pada umumnya, dan dapat
ditunjukkan buktinya dalam penilaian yang telah dilakukan adalah:
- mampu
menghapal cukup banyak informasi yang diajarkan
- mampu
menjelaskan kembali sebuah informasi yang dipelajari dengan kalimat
sendiri
- mampu
menerapkan suatu konsep untuk menjelaskan sebuah fenomena alam atau sosial
- mampu
mengidentifikasi variabel yang terkait dengan suatu permasalahan
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi pada umumnya adalah sebagai berikut
:
- mampu
membaca cepat dan membuat rangkuman dari informasi tertulis
- mampu
menyampaikan ide dan pendapat secara santun dan mudah dipahami
- menyimak
informasi secara tepat dan mampu menyampaikan kembali dengan kalimat
sendiri
- mampu
melakukan telaah secara kritis kritis terhadap teks atau buku
- membuat
karya tulis dengan deskripsi yang berkesinambungan dan mudah dipahami
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Kemampuan peserta didik di sekolah pada umumnya dalam mengamati dan bertanya
untuk berpikir dan bertindak produktif serta kreatif adalah
- melakukan
pengamatan dengan bimbingan dan petunjuk yang jelas dari guru
- mengajukan
ide atau pertanyaan yang menunjukkan kreatifitas
- mengamati
dan menanyakan tentang sebuah produk/karya seni atau teknologi
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Kemampuan peserta didik dalam menghasilkan karya, pada umumnya dapat
dikelompokkan sebagai :
- hasil
meniru karya orang lain
- hasil
modifikasi karya orang lain
- hasil
kreasi sendiri sesuai dengan fasilitas yang tersedia
STANDAR ISI
G.2.2
Rancangan metode pembelajaran yang dikembangkan dalam kurikulum sekolah Bapak/Ibu yang mendukung pembelajaran aktif (student active learning) adalah
Rancangan metode pembelajaran yang dikembangkan dalam kurikulum sekolah Bapak/Ibu yang mendukung pembelajaran aktif (student active learning) adalah
- ceramah
- diskusi
dan tanya jawab
- demonstrasi
- penemuan
terbimbing
- pemecahan
masalah
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Dokumen yang digunakan sebagai acuan dalam pengembangan KTSP di sekolah
Bapak/Ibu adalah
- Standar
Isi
- Standar
Kompetensi Lulusan (SKL)
- Standar
proses
- Standar
penilaian
- Panduan
penyusunan KTSP yang disusun BSNP
- Standar
Isi dan Standar Kompetensi Lulusan dari sekolah di negara maju
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Proses pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu adalah
- Mengadopsi
dan mengadaptasi model yang dikembangkan oleh BSNP
- Mengembangkan
KTSP melalui KKG/KKS/MGMP
- Mengembangkan
KTSP sendiri dengan mengacu panduan yang disusun BSNP
- Mengembangkan
KTSP sendiri dengan mengacu kurikulum sekolah di negara maju
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KTSP yang bapak/ibu kembangkan dibuat berdasarkan prinsip-prinsip
- Berpusat
pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan
lingkungannya
- Beragam
dan terpadu
- Tanggap
terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
- Relevan
dengan kebutuhan kehidupan.
- Menyeluruh
dan berkesinambungan
- Belajar
sepanjang hayat
- Seimbang
antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Jenis penilaian yang diterapkan dalam KTSP di sekolah bapak/ibu adalah
- tes
tertulis
- tes
lisan
- pengamatan
kinerja
- pengukuran
sikap
- penilaian
hasil karya berupa tugas
- penilaian
proyek
- penilaian
produk
- portofolio
- penilaian
diri
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Materi ajar yang dimuat dalam kurikulum sekolah bapak/ibu, memenuhi syarat
- Sahih
(teruji kebenarannya)
- Signifikan
(bermanfaat dalam pencapaian kompetensi)
- Bermanfaat
secara akademis dan non akademis
- Kelayakan
(mempertimbangkan taraf berpikir peserta didik)
- Relevan,
konsisten, dan edukatif
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Komposisi materi pelajaran yang dimuat dalam RPP bapak/ibu adalah :
- dominan
pada aspek sikap dan perilaku
- dominan
pada aspek pengetahuan
- dominan
pada aspek keterampilan
- proporsi
sikap, pengetahuan, dan ketrerampilan dibuat merata
Materi kurikulum di sekolah bapak/ibu, disesuaikan untuk:
- Mengembangkan
ketrampilan berpikir kritis
- Mengembangkan
ketrampilan pemecahan masalah
- Mengembangkan
budaya membaca dan menulis untuk menumbuhkan budaya gemar membaca
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Keterkaitan materi dengan kebutuhan peserta didik yang dicakup dalam RPP
bapak/ibu dibuat dengan:
- Sesuai
perkembangan usia peserta didik
- Mengembangkan
karakter mulia.
- Memperhatikan
gender
- Memperhatikan
karakeristik lingkungan sekitar peserta didik
- Memperhatikan
kehidupan sosial peserta didik
- Mengembangkan
sikap nasionalisme dalam kehidupan bernegara.
- Memfasilitasi
penggunaan teknologi
- tidak
ada jawaban yang sesuai
STANDAR PROSES
17 dari 56
G.3.1
Kegiatan yang dilaksanakan oleh bapak/ibu di sekolah terkait dengan perencanaan pembelajaran meliputi
Kegiatan yang dilaksanakan oleh bapak/ibu di sekolah terkait dengan perencanaan pembelajaran meliputi
- Menganalisis
kompetensi yang akan diperoleh siswa
- Menetapkan
materi ajar
- Memilih
model/metode belajar yang relevan
- Menentukan
dan mengevaluasi buku sumber yang digunakan
- Menyusun
bahan ajar sesuai karakteristik peserta didik
- Menyusun
penilaian yang relevan
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Kegiatan yang dilaksanakan oleh bapak/ibu di sekolah terkait dengan perencanaan
pembelajaran meliputi
- Menganalisis
kompetensi yang akan diperoleh siswa
- Menetapkan
materi ajar
- Memilih
model/metode belajar yang relevan
- Menentukan
dan mengevaluasi buku sumber yang digunakan
- Menyusun
bahan ajar sesuai karakteristik peserta didik
- Menyusun
penilaian yang relevan
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Perancangan RPP yang disusun guru di sekolah bapak/ibu telah memperhatikan
prinsip-prinsip berikut:
- Memperhatikan
perbedaan individu
- Mendorong
partisipasi aktif peserta didik
- Mengembangkan
budaya membaca dan menulis
- Umpan
balik dan tindak lanjut
- Keterkaitan
dan keterpaduan antara SKL-standar isi-materi-kegiatan belajar-penilaian
- Penggunaan
teknologi informasi dan komunikasi
- Metode
pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menarik
- Pemilihan
media yang sesuai
- Penggunaan
sumber belajar yang relevan
- Penggunaan
penilaian autentik
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Hal-hal yang disampaikan oleh guru pada awal semester kepada peserta didik
adalah:
- kompetensi
yang akan dicapai
- cakupan
materi ajar
- rancangan
tugas selama satu semester
- tugas
mandiri dan tugas kelompok yang harus dikerjakan
- penilaian
yang akan dilakukan
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Aktifitas yang dilakukan oleh bapak/ibu untuk memperbaiki proses pembelajaran
untuk meningkatkan kompetensi peserta didik adalah
- Melakukan
remedial untuk peserta didik yang belum tuntas belajar
- Melakukan
refleksi proses pembelajaran dan memperbaiki pembelajaran
- Menganalisis
daya serap peserta didik dan memperbaiki pembelajaran
- Mengecek
gaya belajar peserta didik dan menyesuaikan pembelajaran
- Berkomunikasi
dengan teman sejawat atau KKG/MGMP untuk mempersiapkan PBM yang lebih baik
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Sumber belajar yang bapak/ibu gunakan dalam pembelajaran adalah :
- Buku
teks dan lembar kerja dari penerbit tertentu
- Buku
teks yang dikembangkan sendiri atau oleh kelompok guru
- Buku
panduan
- Ensiklopedia
atau kamus
- Majalah
dan/atau Koran
- Internet
- Diktat
yang dikembangkan sendiri
- Modul
belajar
- Nara
sumber yang menguasai bidangnya
- Perpustakaan
atau museum
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di sekolah untuk membentuk karakter
(sikap dan perilaku) peserta didik adalah
- Melaksanakan
program sekolah dan tatatertib untuk pembentukan karakter jujur, disiplin,
dan bertanggungjawab
- Melaksanakan
pembelajaran yang memiliki dampak langsung terhadap pembentukan karakter
jujur, disiplin, tanggungjawab, dan menghargai orang lain
- Melaksanakan
pembelajaran yang menyadarkan akan pentingnya memiliki karakter jujur,
disiplin, dan bertanggungjawab
- Melaksanakan
kegiatan ekstra kurikuler yang memiliki dampak terhadap pembentukan
karakter jujur, disiplin, bertanggungjawab, dan menghargai orang lain
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Pelaksanaan pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan kemampuan
berkomunikasi siswa secara efektif dan santun:
- Memperbanyak
aktifitas siswa dalam membaca, menulis dan berbicara dalam belajar
- Memberi
tugas belajar berupa telaah buku dan membuat karya tulis
- Melakukan
aktifitas belajar berkelompok
- Memberi
tugas mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
- Memberi
tugas berkomunikasi dengan anggota masyarakat untuk kepentingan belajar
- Mempresentasikan
hasil kerja mandiri atau kelompok di depan kelas
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Kesulitan Bapak/Ibu dalam menerapkan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan
peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan adalah:
- Tidak
cukup waktu
- Kurang
menguasai metode mengajar yang efektif dan efisien
- Tidak
didukung Kepala Sekolah
- Kurangnya
sarana dan prasarana yang mendukung di sekolah
- Kemampuan
peserta didik tidak memadai
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan bapak/ibu untuk meningkatkan
kreatifitas peserta didik adalah :
- Ceramah
dan diskusi
- Belajar
berkelompok
- Pembelajaran
berbasis proyek
- Pembelajaran
berbasis masalah
- Pembelajaran
inkuiri dan penemuan (discovery)
- Strategi/metode
inovatif lainnya
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Kesulitan bapak/ibu dalam menerapkan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan
kreatifitas peserta didik adalah :
- Tidak
cukup waktu
- Kurang
menguasai metode mengajar yang efektif dan efisien
- Tidak
didukung Kepala Sekolah
- Kurangnya
sarana dan prasarana di sekolah
- Kemampuan
peserta didik tidak memadai
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan keingintahuan dan
budaya belajar peserta didik :
- Memotivasi
peserta didik untuk giat belajar pada kegiatan awal pembelajaran
- Meningkatkan
keingintahuan melalui pengamatan fenomena alam dan sosial
- Melibatkan
peserta didik dalam pembelajaran aktif untuk mengekplorasi fenomena alam
dan sosial
- Melakukan
pembelajaran secara inkuiri
- Menumbuhkan
kebiasaan membaca dan menyampaikan informasi yang diperoleh
- mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber untuk menganalisis sebuah permasalahan
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Frekuensi supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam satu tahun
terakhir
- Lebih
dari 2 kali/tahun
- 2
kali/tahun
- 1
kali/tahun
- tidak
pernah
Kepala sekolah membantu/membimbing guru dalam memperbaiki
- Perencanaan
- Pelaksanaan
pembelajaran
- Penilaian
hasil belajar
- tidak
ada jawaban yang sesuai
STANDAR PENILAIAN
30 dari 56
G.4.1
Prinsif yang digunakan oleh bapak/ibu dalam penilaian adalah
Prinsif yang digunakan oleh bapak/ibu dalam penilaian adalah
- Obyektif,
yakni berbasis pada standar dan tidak subyektif
- Terpadu,
yakni terencana, menyatu dengan kegiatan pembelajaran, dan
berkesinambungan
- Ekonomis,
yakni efisien dan efektif dalam perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
- Transparan,
yakni prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan
keputusan dapat diakses oleh semua pihak
- Akuntabel,
yakni dapat dipertanggungjawabkan kepada pihak internal sekolah maupun
eksternal untuk aspek teknik, prosedur, maupun hasilnya
- Edukatif,
mendidik dan memotivasi peserta didik dan guru
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Langkah-langkah yang dilakukan bapak/ibu dalam menyusun instrumen penilaian
adalah sebagai berikut:
- menetapkan
indicator, menyusun kisi-kisi, menyusun instrumen, mengkaji SK/KD, memilih
jenis instrumen
- mengkaji
SK/KD, memilih jenis instrument, menyusun kisi-kisi, menyusun instrumen
- mengkaji
SK/KD, menyusun kisi-kisi, memilih jenis instrument, menyusun instrumen
- mengkaji
SK/KD, memilih jenis instrument, menyusun instrumen, menyusun kisi-kisi
- melakukan
pembahasan instrumen bersama teman sejawat, menyusun instrumen
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Ketersediaan prosedur dan kriteria penilaian dapat diakses dalam bentuk
- Dokumen
cetak
- Dokumen
yang mudah diakses di internet
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Petunjuk pelaksanaan penilaian yang tersedia dan digunakan di sekolah bapak/ibu
meliputi:
- Pedoman
penilaian
- Kriteria
ketuntasan hasil belajar
- Pedoman
penskoran termasuk rubrik penilaian
- Petunjuk
tentang pengolahan nilai dan KKM
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.4.10
Teknik penilaian yang dilakukan untuk menilai pengetahuan peserta didik dan dapat ditunjukkan bukti fisiknya meliputi:
Teknik penilaian yang dilakukan untuk menilai pengetahuan peserta didik dan dapat ditunjukkan bukti fisiknya meliputi:
- Tes
tertulis
- Tes
lisan
- Instrumen
penugasan
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Bagaimana bapak/ibu menilai karakter peserta didik (jujur, disiplin, menghargai
orang lain, dan bertanggungjawab)
- Menganalisis
kesamaan/pola jawaban dalam jawaban ujian
- Melakukan
pengamatan sikap dan perilaku terutama untuk kelompok pelajaran agama dan
akhlak mulia
- Menganalisis
laporan hasil pengamatan beberapa guru terkait sikap dan perilaku peserta
didik
- Menilai
sikap perilaku peserta didik ketika berada di sekolah
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Jenis penilaian sikap dan perilaku yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat
ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
- Lembar
Observasi
- Penilaian
diri
- Penilaian
antar teman
- Jurnal
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Bagaimana bapak/ibu menilai kompetensi peserta didik dalam berkomunikasi
efektif dan santun
- Menganalisis
tes uraian menggunakan rubrik
- Menilai
laporan telaah buku dan/atau karya tulis yang dibuat oleh peserta didik
- Menilai
penyampaian peserta didik dalam menyajikan karya di depan kelas
- Menilai
sikap dan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Bapak/ibu menilai kreatifitas peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan
atau menghasilkan karya, melalui :
Penilaian
karya yang dihasilkan menggunakan rubrik
Melaksanakan
pameran hasil karya peserta didik (showcase portfolio)
Penilaian
proses selama pembelajaran, terkait dengan kemampuan mengidentifikasi permasalahan
dan menganalisis
masalah, dan mengajukan solusi
Penilaian
kemampuan peserta didik dalam merancang, menghasilkan, dan mengkomunikasikan proses penyelesaian
masalah/pembuatan produk
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.4.15
Jenis penilaian keterampilan yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan
dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
- Fortofolio
- Tes
praktek
- Proyek
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Permasalahan bapak/ibu dalam membuat dan melaksanakan penilaian sikap dan
perilaku menggunakan instrumen non-tes adalah
- kurang
memahami cara membuat instrumen, menggunakan, dan mengolah hasilnya
- belum
melakukan penilaian sikap dan perilaku karena tidak tercantum dalam RPP
- tidak
cukup waktu untuk melaksanakan penilaian sikap dan perilaku
- penilaian
sikap dan perilaku tidak dituntut oleh sekolah
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Bapak/Ibu guru memanfaatkan hasil penilaian untuk mengetahui:
- Kemajuan
belajar siswa,
- Kesulitan
belajar siswa,
- Cara
melakukan perbaikan proses pembelajaran
- tidak
ada jawaban yang sesuai
STANDAR PTK
42 dari 56
G.5.10
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam melakukan penilaian sikap, perilaku, dan keterampilan dalam tiga tahun terakhir :
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam melakukan penilaian sikap, perilaku, dan keterampilan dalam tiga tahun terakhir :
- dilakukan
dengan bantuan sekolah dan sudah diterapkan dalam pembelajaran
- dilakukan
secara mandiri atas inisiatif sendiri, namun belum memahami penilaian
secara utuh
- diperoleh
melalui diskusi bersama rekan guru dalam kegiatan MGMP/KKG
- diperoleh
dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, namun belum diterapkan karena belum paham
- diperoleh
dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, dan sudah menerapkan penilaian autentik
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran
inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam tiga tahun
terakhir:
- dilakukan
dengan bantuan sekolah dan sudah diterapkan dalam pembelajaran
- dilakukan
secara mandiri atas inisiatif sendiri, namun belum paham
- diperoleh
melalui diskusi bersama rekan guru dalam kegiatan MGMP/KKG
- diperoleh
dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, namun belum diterapkan karena belum paham
- diperoleh
dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, dan sudah diterapkan dalam pembelajaran
- tidak
ada jawaban yang sesuai
STANDAR PENGELOLAAN
44 dari 56
G.6.3
Bapak/Ibu menerima sosialisasi visi/misi sekolah melalui
Bapak/Ibu menerima sosialisasi visi/misi sekolah melalui
- Rapat
- Spanduk,
leaflet, brosur
- Papan
pajangan/banner
- Dokumen
RKS
- Surat
edaran kepala sekolah
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Pihak-pihak yg terlibat dalam pengambilan keputusan di sekolah adalah
- Kepala
sekolah
- Guru
- Orang
Tua Peserta didik
- Pemerintah
daerah
- Dunia
usaha dan dunia industri
- Alumni
- Tokoh
masyarakat
- Ketua
Yayasan (untuk sekolah swasta)
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Dalam bentuk apa saja, kepala sekolah dan guru berinteraksi/bekerjasama dalam
pelaksanaan program sekolah
- Penyusunan
RKAS sekolah
- Membangun
kerjasama kemitraan dengan lembaga lain
- Pemecahan
masalah belajar peserta didik
- Pengembangan
kurikulum dan silabus
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Pengelolaan sekolah di tempat bapak/ibu bekerja memberlakukan hal-hal sebagai
berikut:
- Melibatkan
orang tua peserta didik dalam upaya meningkatkan mutu sekolah
- Melibatkan
guru dan komite sekolah dalam menetapkan sebuah kebijakan
- Menerapkan
azas demokrasi, keterbukaan, dan bertanggungjawab dalam pengambilan
keputusan
- Menerapkan
sistem manajemen yang dilaksanakan secara berkelanjutan dan mampu membuat
sekolah menjadi mandiri
- Menerapkan
standar pelayanan prima
- Menerapkan
manajemen mutu terpadu
- tidak
ada jawaban yang sesuai
G.6.25
Nilai-nilai budaya yang tampak dalam keseharian di sekolah yang mendorong prestasi peserta didik dan kinerja guru adalah
Nilai-nilai budaya yang tampak dalam keseharian di sekolah yang mendorong prestasi peserta didik dan kinerja guru adalah
- Ikhlas
dalam melaksanakan kegiatan sekolah
- Bertukar
pendapat dalam pemecahan masalah belajar peserta didik
- Disiplin
dalam menjalankan tugas
- Sikap
ilmiah yang dimiliki warga sekolah
- Suasana
kondusif di sekolah
- Tolong-menolong
melalui kegiatan sosial sekolah
- tidak
ada jawaban yang sesuai
G.6.26
Dalam hal apa Kepala Sekolah Bapak/Ibu dapat dijadikan teladan bagi warga sekolah
Dalam hal apa Kepala Sekolah Bapak/Ibu dapat dijadikan teladan bagi warga sekolah
- Kejujuran
- Memperhatikan
bawahan, dan terbuka
- Kerja
keras dan disiplin
- komunikatif
dan perhatian
- Bekerjasama
dengan pihak lain untuk kepentingan pengembangan sekolah
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Ketauladanan pimpinan sekolah yang ditemukan dalam keseharian kegiatan sekolah
- Kepedulian
pimpinan terhadap program kerja sekolah
- Tanggungjawab
kepala sekolah
- Keikhlasan
dalam melaksanakan tugas
- Kemampuan
mengorganisir staf/guru
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Bagaimana bapak/ibu mengakses laporan pengelolaan keuangan sekolah
- Dapat
diakses via internet
- dapat
diakses melalui komputer di ruangan khusus
- Disediakan
dalam bentuk laporan cetak
- hanya
dapat diakses oleh pihak tertentu
- Tidak
tersedia
- tidak
ada jawaban yang sesuai
STANDAR SARANA DAN PRASARANA
52 dari 56
G.7.15
Kondisi penggunaan sarana laboratorium yang ada di sekolah bapak/ibu
Kondisi penggunaan sarana laboratorium yang ada di sekolah bapak/ibu
- Digunakan
secara rutin
- Tidak
dapat digunakan karena peralatan tidak lengkap
- Tidak
dapat digunakan karena peralatan utama rusak
- Tidak
digunakan karena tidak ada bahan yang dibutuhkan
- Tidak
digunakan karena tidak terkait dengan tujuan pembelajaran
- Tidak
digunakan karena belum memahami cara menggunakannya
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Peralatan yang rusak di laboratorium terutama disebabkan karena
- Sering
digunakan
- Penyimpanan
yang tidak tepat
- Tidak
dirawat secara rutin karena tidak ada dana
- Tidak
digunakan karena tidak sesuai dengan kebutuhan
- Memang
sudah rusak sejak diterima
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Kondisi ruang kelas yang dimiliki disekolah :
- Sirkulasi
udara baik
- Kebersihan
terjaga
- Pencahayaan
cukup
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Kondisi laboratorium dan perlengkapan yang dimiliki oleh sekolah :
- Ukuran
ruang standar
- Penataan
ruang baik
- Kelengkapan
perabot mencukupi
- Tersedia
sambungan internet
- Daya
listrik memadai
- tidak
ada jawaban yang sesuai
G.7.20
Kondisi kerja di ruang kerja guru disekolah:
Kondisi kerja di ruang kerja guru disekolah:
- Ukuran
ruang memadai
- Penataan
ruang baik
- Kelengkapan
perabot mencukupi
- Peralatan
Memadai
- Sambungan
internet
- Daya
listrik yang memadai
- tidak
ada jawaban yang sesuai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar