Sabtu, 27 Juli 2013

Hari Hati Dengan Akun PTK Anda


Hari Hati Dengan Akun PTK Anda

Hari-hati Dengan Akun PTK Anda
Para PTK yang berbahagia, sebagaimana kita ketahui, bahwa proses VERVAL NUPTK akan berakhir pada tanggal 30 September 2013 yang akan datang. Kita semua tentu sudah berusaha dan sibuk mengikuti tahapan-tahapan VERVAL, mulai dari aktifasi bintang satuVERVAL bintang dua hingga bintang 4. Namun, hasil yang diperoleh berbeda-beda, ada yang masih bintang satu, ada yang sudah bintang dua bahkan ada yang sudah bintang 4. Ini tidak menjadi masalah, yang penting kita lalui prosedur yang telah ditetapkan dan yakinkan bahwa proses VERVAL NUPTK baru tuntas jika sudah memperoleh dokumen S08 bagi yang sudah memiliki NUPTK dan dokumen S14 bagi yang baru mengajukan NUPTK baru.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa ketika PTK akan melakukan aktifasi akun untuk pertama kali, kita akan memperoleh dokumen S02 yang berisi Peg ID dan Kode Aktifasi, baik untuk pengajuan dokumen A01, A02, A03, maupun A05.  Dan dibagian atas dokumen tersebut tercantum perihal surat yakni Surat Tanda Bukti VerVal NUPTK Level 1 dan Siaft surat SANGAT RAHASIA seperti gambar berikut ini :
Apakah artinya ini ? Artinya data kode aktifasi yang tercantum didalam dokumen S02 berupa kode aktifasi tersebut adalah data yang hanya boleh diketahui oleh PTK bersangkutan. Demikian juga ketika PTK mengaktifasi akun, sistem akan meminta password/kata sandi baru sebagai kunci untuk masuk ke sistem PADAMU NEGERI dan mengakses DATA PRIBADI PTK bersangkutan. Karenanya hati-hati dengan akun PTK anda, jangan sampai diketahui oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab, mengingat aplikasi PADAMU NEGERI memberi peluang kepada PTK untuk memutakhirkan data diri secara personal. Seandainya password/kata sandi ini diketahui dan digunakan oleh orang lain yang bermaksud tidak baik, tentu akan menimbulkan masalah dikemudian hari.
Lalu apa yang harus dilakukan ?
1.    Kata sandi merupakan kata rahasia yang sederhana, mudah diingat tetapi cukup sulit ditebak oleh orang lain. Simpan kata sandi ini ditempat yang aman. Selain agar kita dapat mereview kembali ketika kita lupa password, disamping itu juga untuk menghindari penggunaan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.
2.    Jika menggunakan perangkat komputer atau laptop ditempat umum atau komputer yang bisa digunakan oleh orang banyak apakah dikantor/warnet atau meminjam laptop/komputer teman, jangan lupa menekan tombol KELUAR yang ada disudut kanan atas. Jangan langsung mengklik tombol X pada sudut kanan window. Karena jika prosedur KELUAR tidak dilakukan, maka akun kita tetap aktif, dan sipa saja nanti yang membuka PADAMU NEGERI, maka sistem akan secara otomatis menampilkan dan membuka data akun PTK yang aktif di laptop/komputer tersebut.
3.    Jika meminta bantuan kepada orang lain, yakin terlebih dahulu bahwa orang tersebut dapat dipercaya, dan dapat memegang rahasia khususnya data terkait NUPTK dan password/kata sandi anda.

Kesalahan sederhana karena tidak mengklik tombol KELUAR dapat berakibat fatal, karena data-data yang ada didalam NUPTK dapat diacak oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab, karenanya, hati-hati dengan akun PTK anda. Tombol keluar terletak disudut kanan atas seperti gambar berikut ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar