Minggu, 21 Juli 2013


Mengecek Progress Tahapan Verval NUPTK


Mengecek Progress Tahapan Verval NUPTK~Perbedaan yang sangat mendasar dari pengelolaan pendataan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) yang diluncurkan pada bulan Juni lalu oleh BPSDMPK & PMP jika dibandingkan dengan dengan pengelolaan pendataan NUPTK pada tahun-tahun sebelumnya adalah bahwa proses pemutakhiran data baik itu Data Rinci maupun Riwayat Utama sepenuhnya dilakukan oleh PTK secara online. 
Bahkan ditambah lagi dengan pengisian kuisioner EDS oleh PTK juga dilakukan secara online. Tahun-tahun sebelumnya, pengelolaan data hingga pemutakhiran data dilakukan oleh operator Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sehingga untuk mengecek validitas data PTK harus bolak-balik dari lokasi tempat bertugas ke kantor Dinas Kota/Kabupaten atau ke UPTD Kecamatan.
Sistem PADAMU NEGERI mengharuskan PTK secara proaktif melakukan pemutakhiran data NUPTK hingga tuntas, karena sistem VERVAL yang saling kait mengkait antara PTK, Kepala Sekolah dan Pengawas. Jika PTK belum menuntaskan VERVAL NUPTK, maka kepala sekolah sekolah induk juga tidak bisa melakukan VERVAL NUPTK kepala sekolah. 
Demikian juga apabila Kepala Sekolah belum menuntaskan VERVAL NUPTK, akibatnya pengawas sekolah tersebut juga tidak akan bisa melakukan VERVAL NUPTK pengawas bersangkutan. Karenanya, sistem ini menuntut kesungguhan semua pihak terkait untuk benar-benar pro aktif melakukan VERVAL secara online, termasuk juga untuk secara aktif MEMANTAU/MENGECEK PROGRESS TAHAPAN VERVAL NUPTK SECARA ONLINE atas nama PTK bersangkutan sudah sampai dimana, sehingga bisa saling mengingatkan antara pihak-pihak terkait dan yang paling penting, sampai batas waktu VERVAL nanti, NUPTK bapak/ibu dinyatakan sebagai NUPTK aktif 2013.
Seperti halnya ketika akan mencari NUPTK melalui PADAMU NEGERI dialamat http://118.98.222.83/ kita tinggal memasukkan NUPTK atau NAMA dan kabupaten/kota didalam isian seperti gambar berikut ini :

Setelah memasukkan nama/NUPTK dan Kota lokasi Sekolah Induk dilanjutkan dengan mengklik tombol Cari Data maka akan ditampilkan hasil pencarian sebagai berikut :

Melalui halaman ini, PTK dapat memantau sampai sejauh mana proses VERVAL yang sudah berjalan atas nama PTK bersangkutan dengan cara mengklik tombol I dibawah kolom Detil seperti gambar yang ditunjukkan diatas. Jika tombol tersebut diklik maka akan muncul halaman detil seperti gambar berikut ini :

Pada salah satu data detil diatas adalah Status Aktif. Data status aktif ini menyatakan sudah sampai dimana proses VERVAL berjalan. Beberapa status data yang mungkin muncul adalah :

1.  Proses Verval. Artinya PTK bersangkutan belum melakukan aktifasi akun PTK. Kode aktifasi akun ini tercantum didalam dopkumen S02 yang akan diperoleh dari Operator sekolah.
2.    Bintang 1. Artinya  data PTK sudah diaktifasi oleh Operator Sekolah. Ditandai dengan diserahkannya dokumen S02 kepada PTK.
3.    Bintang 2. Artinya Akun Login PTK sudah aktif, dan PTK sudah melakukan setting password baru untuk login PTK bersangkutan.
4.    Bintang 3. Artinya PTK sudah mengisi Data Diri, EDS dan Riwayat utama dengan lengkap serta menuntaskan proses langkah keempat.
5.    Bintang 4. Proses VERVAL NUPTK sudah tuntas dan dinyatakan aktif. Ditandai penyerahan dokumen S08 kepada PTK.

Jadi, kepada para PTK mari proaktif mengawasi pelaksanaan VERVAL ini agar NUPTK bapak/ibu PTK dapat dinyatakan aktif dan tidak lagi bolak-balik kedinas untuk meminta pemutakhiran data, karena kini pemutakhiran data langsung dilakukan oleh PTK secara perorangan.

Proses Akhir Verval NUPTK adalah mendapakatkan Sertifikate S08,, artinya NUPTK dach Aktif.. 

Aman Dech....Selesai Verval NUPTK

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar